Waw Mudahnya Cara membuat Perkedel Kentang


Waw Mudahnya Cara membuat Perkedel Kentang – Yang lagi perlu resep berbahan kentang, mungkin ini dia jawaban yang tepat, di bikin perkedel mudah gan.

Sudah lama nggak masak perkedel kentang dan bakwan jagung juga karena harus ada telur untuk perekatnya. Tapi ternyata, mudik lebaran membawa berkah. Jadi dapat pencerahan dari bude di Malang yang jago masak dan olah resep, tentang tips memasak perkedel kentang tanpa menggunakan telur. Ternyata mudah sekali… tinggal ganti telur dengan larutan tepung kanji. Jadi, kentang yang sudah dibumbui dibaluri dengan larutan tepung kanji. Komposisinya saya pakai kira-kira saja, sekitar 1 sdm tepung kanji dengan 3 sdm air.

resep perkedel kentang
resep perkedel kentang

Awalnya pertama kali nyoba resep perkedel kentang masih sering hancur. Lalu belajar dari tips membuat kue yang adonannya lunak, sebelum digoreng adonan perkedel kentang yang sudah dibentuk disimpan dulu di dalam kulkas. Sekitar 1 – 2 jam sudah cukup. Baru kemudian perkedel kentang siap dibaluri dengan larutan tepung kanji dan digoreng.

Tips larutan tepung kanji dan kulkas ini bisa bikin perkedel kentang jadi renyah di luar dan tetep utuh waktu digoreng. Berguna banget buat alternatif lauk untuk yang alergi telur. Resep lengkapnya nggak perlu diposting ya.. banyak banget variasi bumbunya, sesuai selera saja.

Bahan-bahan resep perkedel kentang

Kentang 2-3 buah (tergantung mau berapa porsi)
Wortel 1 buah
Daun bawang di rajang
Seledri di rajang juga
Telur 2 butir
Daging giling/ayam cincang (aku ngga pake, ngga ada :D)
Quick melt keju (optional)
Minyak goreng
Bumbu yang di haluskan sehalus-halusnya (boleh di ulek atau di blender) :
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 sdt merica (sesuai selera)
1 sdt garam
Sejumput sasa

Formula Cara membuat perkedel Kentang

Kukus kentang dan wortelnya sampe empuk. Bisa juga di rebus atau di goreng
Kupas kulit kentang dan wortel, setelah itu wortelnya di iris kecil-kecil dan kentang nya di haluskan
Tumis daging giling hingga matang
Campur kentang, wortel, daging giling, seledri, daun bawang dan bumbu halus, aduk rata. Tambahkan 1/2 butir telur yang sudah di kocok (adonan jangan terlalu lembek, telur di gunakan sebagai pengikat adonan saja)
Bentuk adonan jadi bola-bola kecil atau sesuai selera, bila menggunakan keju Quick melt masukan potongan keju di tengah-tengah adonan. Setelah itu celupkan ke dalam adonan telur kocok.
Goreng dalam minyak yang panas dengan api kecil, bolak balik sesekali, setelah coklat keemasan angkat dan tiriskan

mantap kan?, mudahkan?, sip deh seneng dengernya kalau anda tahu Cara membuat Perkedel Kentang kami.

sumber : http://resep4.blogspot.com/2013/05/resep-perkedel-kentang-enak.html